Misi proyek film Argo


Kualitas penyutradaraan oleh Ben Affleck ternyata tidak main-main. Salah satunya di film ini yang mengangkat dari kisah nyata pelarian 6 warga Amerika dari Iran.

Kala itu diceritakan bahwa Iran sedang bergejolak dan yang menjadi sasaran adalah gedung kedutaan Amerika beserta isinya termasuk para pegawai.

Kalau dari sisi historisnya memang terasa agak berat bagi penulis. Kurang begitu memahami benar. Sejauh yang bisa penulis terjemahkan adalah mereka berenam sedang diburu oleh polisi Iran dan kesulitan untuk menembus keluar dari Iran. Hingga datanglah Harkins dengan proyek film Argo-nya.

Yang menarik disini adalah film ini bisa "membangun" menampilkan keadaan masa lalu. Meski tidak seratus persen sama namun usaha film ini setidaknya mampu menghadirkan suasana tempo doeloe. Baik dari sisi kolosal demo, isi gedung CIA lengkap dengan televisi jaman dulu, rambut dan penampilan para karakternya juga mampu membentuk atmosfir era 80an.

Sepanjang durasi film, grafik emosi film memang ditata rapi menanjak. Paling terasa memang di segmen bandara. Di segmen dramatisasi bandara ini ada ketegangan tersendiri yang mampu dibangun oleh Ben Affleck dan kawan-kawan.

Argo (2012) - 7/10