Mencari bayangan Bobby Fischer


Berbicara tentang film genre sport atau olahraga yang pernah penulis saksikan, antara lain basket, sepakbola, tinju, rugby amerika. Sekarang satu genre cabang olahraga baru bagi penulis dalam film yaitu catur.

Menariknya berdasarkan kisah nyata. Menariknya lagi adalah bintang utamanya adalah seorang bocah berusia 7 tahun. Memiliki minat serta bakat di atas papan catur.

Alur ceritanya menarik juga. Tidak terlalu berat perlu berpikir seperti layaknya permainan catur. Ada taste drama keluarga, dramatisasi kejuaraan, dramatisasi sayang anak, guru-murid. Ada juga sedikit kelucuan tingkah lugu bocah.

Konfliknya tentu saja grafik naik turun dalam kompetisi catur. Dan film ini dipengaruhi secara dominan oleh akting bintang ciliknya, Max Pomeranc. Cukup bagus kualitas akting Max membawakan karakter nyata Joshua Waitzkin.

Disini dikisahkan perjalanan karir Joshua dipengaruhi oleh kasih sayang orang tua yang mendukung penuh minat bakat Joshua memainkan bidak-bidak catur secara jenius dan lincah. Tidak hanya orang tua, Joshua memiliki dua orang guru sekaligus, yaitu guru jalanan dan guru formal. Mereka semua juga termasuk para lawan-lawan Joshua, memberikan pelajaran besar dalam hidup Joshua cilik sebagai Bobby Fischer muda.

Ada lagi yang menarik dari film ini. Penulis menangkap kesan film ini sebenarnya bertabur bintang setidaknya familiar dengan penulis. Ada nama Ben Kingsley, ada Joan Allen yang penulis kenal lewat Hachiko, ada nama Laurence Fishburne yang disini sekilas mirip Will Smith.

Ada juga karakter ayah Morgan, yang penulis kenali di Ocean Thirteen. Ada karakter reporter gendut, yang penulis kenali di Mr.Bean. Tak ketinggalan ada William H.Macy, dan Laura Linney yang mendapatkan porsi cilik.

Innocent Moves (1993) - 7/10