Duri dalam juri


Karena bukan warga Amerika dan tidak paham soal hukum, penulis hanya meraba bagian luar sistem hukum di negara tersebut.

Ada saksi, bukti, dan juri. Ketiga hal inilah yang akan menentukan putusan sidang soal kasus. Dan, di film ini mengangkat elemen juri dalam sebuah pengadilan. Menariknya adalah lipatan konflik yang dihadirkan sangat manis dan cerdas.

Di segmen pertama, akan terasa konflik membela hukum yang berbeda. Yang satu, Rohr memakai gaya konvensional dalam membela kebenaran dan keadilan. Yang lain, Fitch, bekerja secara modern dan profesional, tak peduli benar atau salah, bayaran adalah utama. Dan, ketiga adalah "duri" dalam juri, Nick Easter, yang memiliki misi awal jual-beli suara, siapa yang mau membayar tinggi maka akan menang di dalam pengadilan.

Seru. Persaingan pembela penuntut Rohr-pengacara terdakwa diketuai Fitch dalam "memilih" juri berlangsung seru. Di satu sisi, kocak melihat Nick yang "menyetir" para juri sekaligus Rohr dan Fitch yang berdiri berlawanan dalam persidangan.

Ternyata, setelah ke dalam, konflik yang sesungguhnya bukanlah hanya sebatas tuntutan akan pabrik senjata, melainkan misi pribadi dari juri nomor sembilan.

Tentu saja, film ini sangat bernyawa sekaligus berkualitas tak lepas dari peran para pendukungnya. Gaya modern profesional Gene Hackman, bertemu dengan gaya konvensional Dustin Hoffman. Dan di kedua mereka berdiri pasangan Rachel Weisz dan John Cusack.

Sebuah sajian dengan citarasa berkelas tinggi. Konflik yang cerdas dan menarik. Nice.

Runaway Jury (2003) - 7/10