Bila tersangka lebih cantik daripada kasusnya


Melihat film ini mengingatkan pada gaya film Maddona dan Dafoe yang lebih dulu penulis dapatkan meski rilisnya setahun setelah film ini.

Alur cerita film ini bagaikan kumbang yang menemukan madu (target) namun masih terbang mendekat-menjauh-mendekat-menjauh.

Awalnya memang rasa penasaran datang dari fenomenalnya berita penampilan Sharon Stone dalam film ini (dulu setelah rilis). Dulu, katanya film ini termasuk kategori hottest.

Namun, sepertinya tidak terlalu hot. Adult scene-nya juga jarang tidak padat ditebar dalam sebagian besar durasi film. Biasa saja. Penampilan Sharon-Douglas memang bersaing ketat dengan Maddona-Dafoe di Body of Evidence. Tapi, dari kadar panas film, rasanya Maddona-Dafoe masih unggul,padat,dan berani. Paling meninggalkan kesan dari sini adalah gaya khas interogasi yang memang "misterius" perlu di slowmotion.

Cerita misteri pembunuhannya disini terasa panjang dan dibuat bertele-tele. Dan berbeda dengan Body of Evidence, disini ending-nya dibuat menggantung dalam misteri di bawah kasur asmara.

Basic Instinct (1992) - 6/10