Resiko memiliki penggemar berat


Nama besar Stephen King memang menjadi alasan utama memburu film ini awalnya. Tapi, ternyata bukan membahas soal makhluk dari dunia lain melainkan menampilkan horor psikologis.

Disini, karya Stephen King ini berusaha menarik sisi emosi penonton untuk menempatkan diri pada posisi karakter utama Paul Sheldon. Adalah seorang penulis buku yang melejit lewat karya berjudul Misery. Menjadi selebritis lewat karya tulisan justru membawa Paul bertemu dengan penggemar beratnya nomor satu, Wilkes. Penggemar atau fans kadang bisa menjadi hal yang membanggakan atau menyenangkan, namun Stephen King dengan cerdas mengubah hal tersebut menjadi mimpi buruk.

Tentu saja, membuat film berdasarkan buku atau novel tidaklah mudah. Apalagi, bagi mereka yang belum pernah membaca buku atau novelnya terlebih dahulu. Tentu ada sedikit "perjuangan" untuk menyelami jalan ceritanya.

Dan, disini standing ovation untuk Kathy Bates. Kualitas akting Kathy disini benar-benar membuat ringan jalan cerita dan menjadi nadi cerita. Horor film ini memang ditentukan oleh akting Kathy. Berapi-api, ramah, menangis, sedih, membabi-buta membuat nuansa psikologis film ini tertata rapi.

Misery (1990) - 7/10