Kadang memang uang adalah segalanya


Ada sebuah kalimat umum, "uang bukanlah segalanya" atau "uang tak dapat membeli kebahagiaan" dan film ini mencoba mematahkan kalimat tersebut.

Disini menceritakan tentang perjuangan serta pengorbanan seorang ibu yang terjepit dalam keterpurukan ekonomi. Salah satunya adalah there's nothing under the tree (tidak ada apa-apa di bawah pohon - Natal) untuk 2 anaknya dan Ray (ibu tersebut) melakukan sebuah tindakan melanggar hukum untuk mencari uang.

Film ini versi penulis sangat sehari-hari. Dekat dengan kenyataan. Untuk mendapatkan kebahagiaan (kadang) memang harus ada biaya untuk mendapatkannya. Dan hal tersebut yang membuat karakter Ray disini dapat dimaafkan. Dan sepak terjang Ray juga sangat manusiawi, berjuang meski salah demi mendapatkan uang untuk kehidupan, serta berkorban untuk partner in crime-nya, Lila.

Meski atmosfir film terasa suram sendu dan sedih, namun diolah dengan kental dan masuk. Paling emosional disini ketika Ray dan Lila menyelundupkan keluarga Timur Tengah dan Ray melakukan kesalahan kecil dengan bawaan para pendatang ilegal yaitu tas berisi bayi.

Frozen River (2008) - 7/10

No comments:

Post a Comment