Choosing not to believe in the devil won't protect you from him


Yang membuat penasaran dari film ini adalah temanya, pengusiran setan atau bahasa kerennya exorcism, dan Anthony Hopkins. That's all.

Cerita berjalan pelan. Seperti kurang daya. Kurang power. Inti cerita berjalan tidak langsung menggebrak dari awal, melainkan disembunyikan cukup dalam. Gebrakan tema exorcist nya dari segi visualnya cukup lumayan, hanya horornya masih kurang terasa. Biasa saja.

Tapi tidak bisa dipungkiri, penampilan Anthony Hopkins disini cukup membantu mengangkat film. Lewat aktingnya yang dingin, setidaknya memberi corak dark and demonize tersendiri.

Beberapa quote yang menarik perhatian penulis, antara lain:

- A cat won't come no matter what you call it. They (cats) do as they please. Kalimat dialog Father Lucas kepada Michael ini seperti menyindir pentingnya "nama" (demon) dalam kegiatan excorsim.

- Choosing not to believe in the devil won't protect you from him (devil). Percaya atau tak percaya, setan/iblis/uang akan selalu menghantui dan mengikis kepercayaan atau imanmu.

Gaya kerasukan dengan suara berat, penguasaan bahasa asing, atau badan melekuk, sepertinya sudah pernah dipakai di beberapa film lain. Disini yang berkesan adalah adegan paku-paku besi. Terasa lain saja.

The Rite (2011) - 6/10