Sebelumnya di kediaman Kristi...


Judulnya memang memakai angka 2. Namun ceritanya justru "terbalik". Disini justru menceritakan apa yang terjadi atau kaitan kejadian sebelum kematian Micah. Menyambung dari yang pertama tentang kakak Katie Sloat.

Ini adalah sedikit film yang mampu menggebrak seri pertamanya. Disini horor yang ditampilkan lebih menggigit dan melebihi pertamanya.

Paling berkesan bagi penulis antara lain, Abby. Sumpah, anjing ini keren sekali. Membuat iri hati untuk ikut memiliki. Sangat terlatih. Anjing ini seolah "menjaga" si bayi keluarga Kristi. Nice dog.

Gaya dan konsep ceritanya memang memakai gaya yang pertama. Kemudian, karakter sentral disini adalah Kristi yang merupakan saudara kandung Katie di seri pertama. Hanya saja dengan tambahan Abby dan Hunter disini bagi penulis horornya jauh lebih terasa. Karena tentu saja, Abby adalah seekor anjing dan Hunter adalah balita, yang notabene akan "sulit" untuk diajak berakting horor. Namun, penampilan "natural" mereka menjadi nyawa horor di film yang diproduseri oleh Oran Peli ini.

Paling berkesan dengan momen Abby menjaga Hunter, momen Hunter ditarik dari box, dan momen "penyerangan" kepada Kristi hingga seperti tersedot magnet raksasa. Tidak hanya sekedar derap langkah kaki atau kedipan lampu atau pintu terbanting keras.

Dan ketika film sampai di penghujung, hanya satu kata yang ada di benak melihat film segar ini, "bagaimana bisa?" Penulis juga terkesan dengan momen ketika Ali tertidur di sofa, yang kemudian terlihat ada yang "mendekat", bagaimana bisa? Bocah balita yang sedang tertidur kemudian tertarik perlahan dan terangkat pelan, bagaimana bisa? Mungkin, semua itu komputerisasi trik film. Namun, tetap saja film ini membawa kesan "baru dan segar".

Two thumbs up for this movie. Absolute.

Paranormal Activity 2 (2010) - 9/10