Perjuangan dari Ky La untuk dunia yang lebih baik


Ini adalah saudara film Stone lainnya yaitu Platoon dan Born On The Fourth July (BOTFJ) yang juga masih berkisah seputar perang Vietnam. Namun, kali ini sudut pandang utama memakai karakter wanita Vietnam, Le Ly, yang hidup di tengah carut marut perang, tersakiti, dan berjuang hidup dengan berpegang pada ajaran Budhis. Menariknya adalah karakter Le Ly ini adalah karakter nyata.

Plot cerita disini kurang lebih sama emosionalnya dengan BOTFJ. Drama. Bukan film perang. Biografi panjang tentang pasang surut- dari desa ke kota- manis pahit getir hidup Le Ly berhasil diangkat dalam durasi film. Setidaknya bagi penulis, Stone berhasil menampilkan sisi emosional dramatis kehidupan Le Ly.

Beberapa titik penting kehidupan Le Ly adalah diperkosa oleh ironis tentara Vietcong yang mengaku "saudara" penduduk desa. Dari desa ke kota untuk "menyingkirkan" aib justru menambah daftar aib dalam hidup Le Ly. Bertemu dengan Steve Butler yang kemudian menikmati kehidupan Amerika. Namun, lagi-lagi, Le Ly mempunyai masalah dengan sikap kasar Steve.

Paling mencolok bagi penulis disini adalah akting menawan Joan Chen. Sangat berkelas. Beda. Menonjol. Apalagi di sesi Le Ly kembali pulang dengan ketiga anaknya, make-up Joan Chen sebagai nenek benar-benar meyakinkan.

Sayangnya, sisi perjuangan hidup Le Ly selama di Amerika tidak diberi porsi. Yang justru ditampilkan adalah sisi konflik dalam rumah tangga Le Ly. Paling tidak sisi kesuksesan Le Ly selama di Amerika mungkin akan menambah kekuatan film ini dengan inspirasinya. Eastmeetwest.com

Heaven & Earth (1993) - 7/10

No comments:

Post a Comment