Menjemput The Last Ryan

Saving Private Ryan Film

Sebuah film perang yang memorable hingga kini. Alur cerita, konflik, tema misi, situasi, serta akting pemainnya semua mendukung menjadi sebuah kesatuan film yang menarik.

Sekilas teringat PC game favorit penulis yaitu Call Of Duty. Melawan rezim Hitler. Beberapa war scene serta lokasinya memang mirip dengan babak misi Normandy yang ada di COD.

Temanya sederhana. Ada seorang ibu di kota Iowa, yang secara besar hati melepas keempat anak lelakinya untuk menjadi prajurit kemudian dikirim ke medan perang. Sebuah berita naas melaporkan bahwa ketiganya sudah gugur dan tersisa tinggal satu yang masih bertahan hidup. James Francis Ryan. Kabar duka tersebut sampai ke meja pucuk pimpinan angkatan bersenjata tertinggi.

Misinya sederhana, menjemput James Ryan untuk kemudian dibawa pulang. Misi tersebut diembankan pada Kapten John Miller dan anak buahnya. Di atas kertas, misi tersebut sederhana, namun di medan perang tentu saja tidak semudah itu. Mencari seorang prajurit di medan perang ternyata seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Dan konflik tersebut secara apik digarap oleh Steven Spielberg duet dengan Tom Hanks.

Adegan perangnya biasa saja, hanya bagian dramanya yang memang terasa sekali menarik dan dramatis.

Saving Private Ryan (1998) - 8/10

No comments:

Post a Comment