Cintaku di seberang jalan musuhku di seberang layar


Film ini jauh dibuat sebelum jaman KakaoTalk, LINE, WeChat, Blackberry Massenger, YM, atau juga What'sapp.

Joe Fox memiliki teman online vis email ber-nickname "shopgirl". Meski di dunia nyata, Joe telah memiliki pasangan namun ternyata kehadiran shopgirl telah mengisi sudut pojok jiwa yang kosong untuk menjadi lilin kecil.

Kathleen memiliki teman online vis email ber-nickname "ny152". Meski di dunia nyata, Kathleen telah memiliki pasangan namun ternyata kehadiran ny152 telah mengisi sudut pojok jiwa yang kosong untuk menjadi lilin kecil.

Di dunia nyata, Joe berperan sebagai pengusaha toko buku yang memiliki modal besar serta bergaya modern. Di seberang jalan, berdiri sebuah toko buku mungil kuno dan sederhana milik Kathleen. Kehadiran toko buku F-O-X telah "menggusur" semua nilai sentimentil toko buku kuno milik Kathleen. Selanjutnya? Katleen memilih untuk "berperang" dengan Joe.

Kesan film ini, manis. Sangat manis. Renyah. Ringan. Easywatching. Romantis. Temanya cukup kreatif dalam romantisme. Email berkesan "sangat jauh", namun disini dibelokkan dengan ironi, yang jauh ternyata "dekat" bahkan sangat dekat.

Dari sekian banyak lagu yang tampil, hanya suara Dolores O'Riordian dengan band nya The Cranberries. Langsung menancap dan suka. Pas dengan adegan saat lagu ini muncul dengan energik. Suara kosmik Dolores melengking ke ruang kosong dan menggema manis.

Sayangnya, mengapa harus di setengah film pertemuan Joe dan Kathleen terungkap. Mungkin akan lebih menarik bila misteri teman online dijaga hingga akhir cerita. Klimaks.

Paling berkesan disini tentu saja adegan di taman bunga. Dan, untuk AOL pastinya jebol bandwith setelah film ini (dulu). Atau jaringan internet menjadi berlipat dampak film ini. Atau MiRC tiba-tiba penuh di room-room-nya saling menyapa asl-pls seperti yang penulis lakukan dulu. Bercita-cita menemukan pasangan di dunia maya berharap seperti ny152 dan shopgirl.

Klasik bukan berarti ga asyik....two thumbs up for this movie

You've Got Mail (1998) - 7/10

No comments:

Post a Comment