Ayah

Tree Of Life Film

Kisah dalam film ini sebuah keluarga kecil, sederhana, ayah-ibu dan 3 orang anak lelaki. Mengingatkan penulis pada sebuah keluarga nyata yang pernah ada di bumi dan akan selalu menjadi keluarga terindah bagi penulis.

Absurd. Terutama di bagian awal. Seperti puisi dalam gambar bergerak. Sepotong sepotong kecil kecil. Apalagi dengan dialog seperti lafal doa.

Tapi, memang dengan media bahasa penyampaian cerita yang sedikit absurd, hubungan atau ikatan dalam keluarga Brad Pitt disini cukup terasa kuat. Karakter Pitt terlihat paling besar perannya. Kuat, tegas, dan keras.

Tingkah pola ketiga anak Pitt memang terlihat natural dan nyata. Kenakalan mereka hampir sama dengan kenakalan masa kecil penulis dulu. Dan, harus penulis akui, ada "ketakutan" tersendiri mengikuti cerita kenakalan anak-anak dalam film, termasuk juga disini.

Bagaimana Pitt bersikap keras dan perlawanan anak-anaknya, tergambar jelas mirip pengalaman penulis dulu. Namun, sekeras apapun pendidikan ajaran Pitt kepada anaknya, akhirnya membuahkan hasil. Dan, ketika dewasa, pada akhirnya akan tiba ke sebuah titik bahwa pelajaran keras orang tua adalah baik adanya.

Munculnya Sean Penn di awal sebenarnya memberi ekspektasi. Penn juga termasuk aktor favorit penulis. Berharap nantinya bakal ada "perang akting" berkualitas tinggi Pitt vs Penn. Namun, sayangnya tak terjadi demikian.

Di luar cerita keluarga, ada beberapa selingan yang masih absurd. Terasa seperti teaterikal. Dalam. Ada makna. Simbol.

Tree Of Life (2011) - 6/10

No comments:

Post a Comment