Bertumbuh dan membunuh



Film ini memang kurang mendapat respon postif di kalangan pecinta film. Setidaknya bercermin pada nilai rating di IMDB. Namun, penulis suka film ini. Unik. Berbeda. Meskipun formula film ini sebenarnya standard saja dan sudah umum. Film diawali dengan intro cerita hura-hura seksi berbikini ria di sebuah hotel. Yang kemudian baru masuk ke inti cerita yang keji sadis berdarah-darah dalam tangis dan jeritan.

Yang penulis suka adalah tema dan karakter. Jeff dan rekannya sedang berlibur sekaligus mencoba membantu seorang kenalan mencari keberadaan Heinrich. Sebelumnya Heinrich dikabarkan sedang bersama arkeolog pergi ke sebuah kuil (candi) di pedalaman suku Maya.

Penulis suka dengan tema film. Setidaknya berani beda dalam karya. Ketika turis berkunjung ke sebuah daerah dan sedikit memiliki informasi, itu merupakan hal yang biasa. Masuk akal. Wajar. Tema ketidakpahaman inilah yang kemudian diangkat menjadi tema horor film ini. Karakter "keji" dalam film ini juga sedikit berbeda dari biasanya. Bukan pegawai hotel yang nakal atau pun hewan, juga bukan teka-teki yang menggunakan topeng atau alat ban.

The Ruins (2008) - 7/10